PC Rakitan Office dengan Spesifikasi Intel Pentium Core i3 dan Core i5

Cara Membersihkan PC Rakitan Office Anda dengan Benar

PC Rakitan Office dengan Spesifikasi Intel Pentium Core i3 dan Core i5
PC Rakitan Office dengan Spesifikasi Intel Pentium Core i3 dan Core i5

Langkah-langkah membersihkan komponen PC Rakitan Office Anda

Sebuah PC Rakitan Office tentunya tidak akan berumur panjang, kalau kerjanya hanya ‘dipake’ saja. Namun PC Rakitan Office juga membutuhkan pemeliharaan yang baik. Salah satu pemeliharaan yang wajib dilakukan adalah menjaga kebersihan PC. Kenapa melakukan pemeliharaan itu penting? Jawabannya adalah membeli baru komponen PC karena rusak, tentu saja membutuhkan biaya lagi. Kalaupun harus diperbaiki, toh ujung-ujungnya harus merogoh kocek juga. Kenapa tidak ditanamkan saja kebiasaan baik untuk selalu memelihara PC Rakitan Anda. Lalu bagaimana sih, cara membersihkan PC Rakitan Anda dengan benar dan aman? Yuk, simak cara-caranya dibawah ini.

Kita mulai terlebih dahulu untuk membersihkan keyboard. Biasanya keyboard seringkali dikotori dengan debu, serpihan-serpihan makanan, serangga, kutu, dsb. Kotoran-kotoran ini tentu saja bisa mengurangi performa keyboard PC Rakitan Office Anda. Ini beberapa cara untuk melakukan pemeliharaan kebersihan pada keyboard PC.

Pertama-tama, Anda bisa mencabut kabel keyboard dari port PC Rakitan Anda (biasa disebut dengan port USB atau juga PS/2). Kalau keyboard PC Anda tercolok di port type PS/2, Anda harus men-shut down PC Anda terlebih dahulu sebelum dicabut. Lalu balikkan posisi keyboard dan goyang-goyangkan. Ini bertujuan agat kotorannya keluar. Untuk sela-selanya, bisa menggunakan kompresi udara. Untuk tuts-tuts atau tombol keyboard bisa menggunakan lap basah atau tisu. Yang penting adalah jangan pernah melap tombol keyboard dengan caran pembersih berbahan alkohol. Ini sudah pasti akan merusak permukaan keyboard PC Anda. Setelah keyboard selesai dibersihkan, Anda bisa mencolokkannya kembali ke PC Rakitan Office seperti semula.

Hal lain agar keyboard awet adalah jauhkan dari posisi minuman. Hal ini umum terjadi, jika ada minuman di area kerja kita. Yaitu tersenggol dan isinya mengotori keyboard. Beberapa cairan minuman seperti soft drink bekasnya todak akan hilang di keyboard. Ini tentu saja tidak elok dan merugikan Anda bukan. Keyboard yang sudah dibeli mahal-mahal jadi jelek penampilannya.

Sekarang kita bisa mulai membersihkan mouse. Pada umumnya mouse terbagi menjadi 2 jenis, yaitu type optic dan mekanik. Walaupun berbeda type, prinsip membersihkannya bisa dibilang sama. Walaupun tahapan pada type mekanik agak lebih banyak daripada yang type optic.

Mengapa? Karena mouse ber-type optic tidak mempunyai bagian tersulit untuk dibersihkan. Yaitu, bagian-bagian yang sifatnya ‘rolling’ atau berputar. Walaupun debu sama-sama bisa mengurangi performa dari mouse tersebut. Dampak yang paling sering dirasa adalah, gerakan kursor yang melambat dan tidak tepat terarah.

Sementara untuk type mekanik, sangat rentan terhadap debu dan partikel-partikel kecil dibagian-bagian berputar tersebut. Dan lebih memungkinkan untuk terjadinya tumpukan debu dan kotoran di bagian-bagian tersebut. Untuk membersihkan mouse, Anda bisa terlebih dulu mencabutnya dari port PC. Basahi kain dengan air sedikit dan mulailah membersihkannya. Untuk yang type mekanik, track ball nya bisa Anda gelindingkan di lap. Caranya adalah dengan menaruh lap dibawah mouse dan kita membersihkan dengan cara seperti menggunakan mouse pada umumnya. Dengan begitu kotoran-kotoran pada track ball akan tertempel pada kain yang sudah dibasahi dengan sedikit air.

Kita lanjut ke monitor. Sidik jari paling sering menghiasi permukaan layar monitor Anda. Ini tentunya akan mengganggu Anda saat menggunakan PC Rakitam Office Anda. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan paket pembersih yang berisi kain halus, cairan pembersih dan kompresor kecil. Layar monitor memang tidak bisa menggunakan kain lap sembarangan, karena beresiko menggores permukaannya. Jadi tidak ada salahnya membelik cleaner kit yang dijual bebas di toko-toko komputer terdekat Anda. Harganya pun murah, hanya berkisar 25 hingga 30 ribu-an saja. Hal lain yang perlu diperhatikan saat membersihkan monitor adalah jangan pernah menggunakan pembersih kaca. Ini sudah jelas akan merusak permukaanya. Kan sayang, jika katakanlah Anda membeli monitor LED Samsung dengan harga belasan sampai puluhan juta Rupiah, tapi rusak dan jelek tampilannya.

Ada baiknya dan sangat disarankan untuk membersihkan PC Rakitan Office Anda dengan kondisi tanpa power, atau tidak tercolok sambungan listrik. Ini mengurangi resiko tersetrum, karena Anda memengang media basah seperti kain basah sebagai penyalur listrik.

Silahkan dicoba tips-tipsnya. Dijamin PC Rakitan Office Anda bisa lebih awet.

    Leave Your Comment Here